KEPUASAN ITU ADA PADA USAHA

mahatmaHallo kawan….saya kemarin melihat adik ipar saya memancing seharian. Dia begitu sabar menunggu mata kailnya disambar ikan. Setelah berjam jam memancing, dia hanya meendapat setengah kilo ikan. Saya merasa iba melihatnya, lalu saya mengajak dia pulang, ketika pulang dari pemancingan kami melewati pasar, lalu saya turun dengan niat membeli ikan untuk diberikan padanya, agar dia tidak kecewa karena tidak mendapat ikan.

Setelah saya beli, diberikannya ikan yang baru saya beli itu padanya, tapi dia menolak. Untuk apa mas? katanya. Untuk kamu, kamu memancing berjam jam agar mendapat ikan kan? Tapi dia malah tertawa . Katanya dia tidak butuh ikan untuk di konsumsi, bahkan dia dan anak anaknya tidak ada yang senang memakan ikan. Dia senang memancing, karena ingin merasakan sensasi ketika mata pancingnya ditarik oleh ikan. Dia merasakan kenikmatan pada prosesnya, bukan pada hasilnya.

Saya  jadi teringat pada anak anak muda yang menggandrungi hobby panjat tebing . Mereka mempertaruhkan nyawa merayap ditebing yang curam untuk bisa menaklukan garangnya tebing batu. Kalau tujuannya hanya untuk sampai di puncak tebing, mereka bisa saja mengambil jalan lain yang lebih aman, tetapi justru tantangan itulah yang dicari. Mungkin naluri manusia memang seperti itu, menikmati  proses ketika menaklukan tantangan yang menghadangnya.

Ada benarnya kata mutiara dari  tokoh  kharismatik dari india, mahatma gandhi. Dia mengatakan bahwa kepuasan terletak pada usaha, bukan pada hasil. Usaha dengan keras adalah kemenangan yang hakiki. Usaha adalah inti dari kebahagiaan. Bukankah tuhan juga menilai seseorang bukan dari hasil yang diraihnya, tetapi dinilai dari seberapa jauh amal usaha yang dikerjakannya. Jadi  semakin yakin bahwa  tidak ada usaha yang sia sia.

Bagaimanakah pendapatmu kawan? Tetidak ada usaha yang sia sia.rima kasih atas kunjungannya.

Tentang setyo adhi

saya hanyalah pria introvert yang sedang belajar menjadi orang'baik'
Pos ini dipublikasikan di motivasi dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke KEPUASAN ITU ADA PADA USAHA

  1. Ping balik: Masalah adalah tanda kehidupan | kunangimoet

Tinggalkan Balasan

