Cara mengatasi batu ginjal dengan tempuyung

daun-tempuyungHallo bro, kita pasti pernah mendengar penyakit kencing batu (batu ginjal).  Atau  ada di lingkungan anda yang mengidap penyakit ini? Mungkin tetangga, teman atau siapa saja. Penyakit ini memang bisa menyerang siapa saja.  Penyakit ini biasanya ditandai dengan rasa anyang anyangan yaitu keluarnya air seni dengan volume yang sedikit, namun dengan  intensitas yang tinggi, sebentar sebentar ingin kencing , namun air yang keluar sedikit sekali. Bila hal ini sering terjadi, bahkan biasanya diikuti dengan rasa sakit di bagian pinggang mungkin pinggang kiri, atau pinggang kanan. Bila terjadi terus menerus bahkan mungkin disertai dengan keluarnya air seni berwarna kemerahan seperti merah darah, hal ini mungkin terjadi karena terlukanya saluran kencing oleh butiran butiran endapan batu CaCo3 yang ikut terbawa bersama air seni.

Bila sudah mengetahui gejala gejala seperti ini,bila ada yang mengalaminya, segeralah pergi mengunjungi dokter untuk berkonsultasi dan mendapatkan pengobatan untuk mengatasi penyakit yang anda derita.  Biasanya dokter akan merekomendasikan bentuk pengobatan sesuai dengan tingkat keparahan penyakit yang di derita. Bila masih ringan dokter akan memberikan obat yang bersifat diuretik, untuk melancarkan keluarnya air seni.  Bila setelah pengobatan ini belum juga mengalami perbaikan maka akan dilakukan dengan penghancuan endapan batu dengan menembakan sinar laser.  Bila pengobatan ini juga belum berhasil secara optimal,  maka dokter mungkin akan menyarankan opsi terakhir berupa oprasi pengangkatan endapan batu tersebut.

Namun biasanya pasien berusaha untuk tidak melakukan tindakan operasi, mungkin karena takut atau mungkin karenea mahalnya biaya pengobatan melalui operasi ini.  Oleh karena itu pasien akan mencoba dengan usaha apapun untuk menghindari seramnya pisau operasi.  Salah satu bentuk usaha itu,  yaitu dengan pengobatan tradisional dengan memanfaatkan ramuan herbal yang telah digunakan secara turun temurun oleh nenek moyang.

Salah satu tumbuhan yang dipercaya bisa mengatasi penyakit kencing batu (batu ginjal), adalah tempuyung. Tanaman ini mempunyai nama yang berbeda beda di setiap daerah.  Ada yang menamakan jombang, galing, galibug, lempung, lampenas, rayana (sunda),  sedangkan di jawa tengah dikenal dengan nama tempuyung.  Menurut para ahli tanaman  ini nama latinnya sonchus arvensis L.

Adapun cara menggunakan tempuyung ini sebagai obat, saya akan menginformasikan dengan cara yang  mudah dilakukan yaitu dengan mengonsumsi langsung sebagai lalapan dan diseduh seperti teh.

Sebagai lalapan:

Ambilah empat atau lima lembar daun tempuyung segar,  lalu cuci sampai bersih, lalu dikukus dan setelah itu bisa langsung dimakan sebagai lalapan. Anda bisa mengkonsumsi lalapan ini tiga kali sehari.

Diseduh seperti teh:

Ambilah dua atau tiga lembar daun tempuyung yang telah dikeringkan, lalu seduh dengan air panas satu gelas.  Bila telah larut anda bisa meminum seduhan ini seperti meminum teh. Anda bisa meminum seduhan air tempuyung ini tiga kali sehari,sampai batu ginjalnya hilang.

Nah itulah postingan pengobatan tradisional kali ini, semoga bermanfaat.

Baca juga cara mengatasi penyakit diabetes

Iklan

Tentang setyo adhi

saya hanyalah pria introvert yang sedang belajar menjadi orang'baik'
Pos ini dipublikasikan di cara mengatasi. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Cara mengatasi batu ginjal dengan tempuyung

  1. Ping balik: Cara mudah agar pohon mangga segera berbuah | kunangimoet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s