Cara mengatasi batuk rejan dengan ramuan tradisional

Hallo sob, sebatuk anaklamat malam. Mungkin sobat pernah menyaksikan adik atau keponakannya yang mengalami batuk yang terus menerus sampai kecapaian dan sesak napas.  Nah  mungkin adik sobat sedang terserang yang namanya batuk rejan.  Adapula yang mengatakan batuk 100 hari, karena biasanya  batuk ini bisa menyerang dengan waktu yang relatif lama, sehingga dikatakan batuk100 hari.  Ada juga yang mengatakan batuk pertusis,  karena yang menyebabkan batuk itu adalah bakteri Bordetella pertusis.

Batuk ini biasanya menyerang anak balita, ditandai dengan gejala batuk kering yang terjadi berkali kali dan terus menerus dengan nafas yang melengking,  bahkan biasnya disertai dengan teriakan bernada tinggi ketika mengalami batuk. Karena seringnya batuk anak yang terserang akan merasa kalelahan. Walaupun sudah diobati dan diberikan antibiotik, gejala batuk itu biasanya tidak langsung sembuh, gejala serangan seperti itu biasanya terus berlangsung 6 sampai 8 minggu. Batuk jenis ini akan lebih terasa serangannya dimalam hari yang dingin.

Bila pengobatan medis telah dilakukan, namun belum menunjukan kemajuan, cobalah menggunakan ramuan tradisional asalkan tidak bertentangan dengan pengobatan medis yang telah dilakukan.  Berikut ini saya posting dua resep ramuan tradisional setelah saya googling.

Resep pertama

  1. Ambilah 50gr daun lidah buaya, lalu cuci bersih.
  2. Ambil sebuah mengkudu matang
  3. Gula batu secukupnya

Daun lidah  buaya dan mengkudu  dijus bersama sama sampai halus, lalu panaskan sampai mendidih lalu tambahkan gula batu, lalu mimnumlah 2 kali sehari.

Resep kedua

  1. 5gr daun sambiloto.
  2. 1 siung bawang putih
  3. Madu secukupnya.

Daun sambioto dan bawang putih direbus bersama dengan 300cc hingga tersisa 150cc.  Tambahkan  madu secukupnya, dan minumlah 2 kali sehari.

Itulah dua resep yang mudah dipraktekan, semoga batuknya segera reda dan sehat kembali, Amiiinnn..



 

 

Iklan

Tentang setyo adhi

saya hanyalah pria introvert yang sedang belajar menjadi orang'baik'
Pos ini dipublikasikan di cara mengatasi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s