Bisakah mengakui topik tertentu sebagai milik pribadi?

its mine2Sudah cukup lama aku tidak memposting artikel baru, bukan tidak adanya ide , yang pasti tiap manusia pasti ada ide dan keinginan yang ingin diungkapkan. Mungkin tentang pendidikan anak, mungkin tentang pekerjaan, atau mungkin tentang merintis usaha baru. Selalu ada saja yang ingin ditulis dan dibagi. Lalu masalahnya apa?

Yang jadi masalah adalah kalau ada  sebagian orang yang merasa tersinggung karena topik yang dibahas oleh penulis lain, mungkin serupa dengan artikel yang sudah dipostingnya. Mungkin menurut sebagian orang, bila tema yang ditulis oleh orang lain, bila sejenis dikatakan copas, atau plagiat.  Padahal di dunia ini, hampir tidak mungkin bisa menciptakan suatu kejadian atau ilmu yang bisa dibahas oleh dirinya sendiri saja. Hal seperti ini sangat sulit dan mustahil bisa dilakukan, karena tidak mungkin ada suatu moment atau ilmu yang bisa berlangsung tanpa campur tangan orang lain.

Bahkan manusia sejenius einstein atau edisonpun tidak mungkin terlepas dari campur tangan dan  andil orang lain. Bukankah penemuan yang dipatenkan oleh ilmuwan manapun adalah pengembangan ilmu dan pendapat dari ilmuwan terdahulu? Maka tidak sepantasnya bila ada artikel yang topiknya  sejenis dengan artikel miliknya, lalu menuduh orang lain menjiplak atau copas artikel miliknya. Menurut saya asalkan kata katanya dan alur tulisannya tidak sama persis dengan artikel miliknya maka siapapun tidak berhak menghakimi  orang lain sebagai plagiat.

Kalau kita mau melihat artikel para blogger yang membahas topik atau tema tentang blogging, adakah yang bisa mengaku ngaku artikel tentang cara membuat link,  posting, seo atau yang lainnya  sebagai ilmu atau tema miliknya sendiri? Maka bila ada  orang lain yang membahas topik lainnya yang sejenis, maka orang yang merasa lebih faham dalam topik tertentu, maka tidak semestinya berkomentar yang cenderung membantai dan memojokan penulis lain, sehingga membuat penulis lain ciut dan urung membuat tulisan lainnya, kalau  hal ini terjadi maka keaneka ragaman tulisan dan artikel di dunia maya makin sepi.

Pembaca jaman sekarang sudah sangat cerdas untuk membedakan tulisan yang berbobot dengan tulisan yang biasa biasa saja. Jadi biarkanlah pembaca memilih bacaan yang akan dibacanya, tidak perlu saling memojokan antara penulis yang satu dengan penulis yang lain. Lebih baik bila mengetahui ada penulis baru yang masih belajar (seperti saya) justru dirangkul dan dibimbing untuk bisa meningkatkan kualitas tulisannya. Bukankah ini lebih bermanfaat selain berpahala juga membuat dunia tulis menulis di dunia maya makin semarak, bervariasi dan lebih baik.

Mungkin ini hanya curhatan saja, namun saya berharap tulisan ini akan menjadi renungan  sejenek disela kesibukan . Terima kasih atas kunjungannya.

Baca juga blog milikku nichenya apa?

sumber ilustrasi:  storiesfromthemoshpit.com

 

 

 

Iklan

Tentang setyo adhi

saya hanyalah pria introvert yang sedang belajar menjadi orang'baik'
Pos ini dipublikasikan di 0pini dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s