Cara mudah belajar menghadapi ujian sekolah

pusing belajarPernahkah sobat dipusingkan oleh jadwal ujian yang akan segera dilaksanakan, sedangkan sobat belum siap menghadapi ujian itu? Buku pelajaran masih menumpuk dan belum disentuh sekalipun? Apalagi pelajaran yang  akan dilaksanakan itu pelajaran yang tidak disukai. Tentu bikin stress ya? Gimana dong cara belajarnya agar dalam waktu dekat bisa menguasai pelajaran yang akan diujikan.

Sebetulnya banyak sekali versi belajar menurut pribadi yang bersangkutan.Namun hampir semua mempunyai banyak kesamaan, mungkin hanya  cara penyampaiannya yang berbeda beda menurut gaya penulisannya saja. Disini  saya mau sharing menurut pengalaman pribadi dan juga hasil googling beberapa situs yang membahas tentang cara belajar yang baik dan benar

Cara cara  untuk belajar yang simpel antara lain:

  • Persiapkan buku buku  yang akan dipelajari
  • Persiapkan pula alat alat pendukung, seperti  pensil, notes, dan sebagainya.
  • Bacalah buku pelajaran itu secara global dan cepat agar memiliki gambaran secara kasar tentang apa yang dipelajari oleh buku tersebut.
  • Baca ulang mulai dari awal kembali, dan lebih pelan agar bisa mendalami tiap poin dari buku tersebut.
  • Catat di notes, poin poin yang sobat anggap penting dan menurut feeling sobat kemungkinan akan keluar di ujian. Sobat bisa membaca poin poin itu diwaktu yang sangat pendek sekalipun untuk mendapatkan clue tentang masalah itu.
  • Tandai kata kata atau kalimat yang terdapat dalam buku pelajaran itu, bagian ini hampir sama dengan yang diatas namun lebih mudah dilakukan namun memiliki efek yang kurang melekat di otak.
  • Praktekkan menulis di lembar  kosong apa saja yang telah sobat pelajari tadi, tidak perlu rapi, hanya berlatih menyelaraskan antara pikiran dan jari ketika menulis. Boleh saja sobat mengatakan sudah menguasai bahan ujian yang baru saja di pelajari, namun bila sobat coba menuliskannya pasti pulpen sobat akan berhenti di suatu titik tertentu. Nah dititik itulah sobat belum menguasai bahan ujian. Dengan seperti itu sobat bisa kembali memperdalam bahan yang belum dikuasai itu.

Praktek menuliskannya adalah poin terpenting di postingan ini, karena jarang sekali pelajar yang mempraktekkan cara belajar seperti ini, biasanya hanya membaca bahan dan menghapalkannya. Perasaan kadang menipu, rasanya sudah mampu mengusai bahan pelajaran itu, tetapi ketika dipraktekkan dengan menulis ternyata gagal di titik tertentu.

Cobalah sobat buktikan dan sobat akan merasakan perbedaannya. Cara ini memang sedikit ribet tetapi akan memberikan hasil yang lebih memuaskan daripada hanya dibaca sambil tiduran mendengarkan musik atau sambil mendengarkan dialog sinetron yang sedang sobat ikuti.

Itu saja postingan kali ini semoga bermanfaat, dan selamat mencoba! Terima kasih sobat atas kunjungannya.

Sumber gambar: Huenemanniac.wordpress.com

Baca juga menghancurkan-ketakutan-dan-keraguan-dengan-bertindak

Iklan

Tentang setyo adhi

saya hanyalah pria introvert yang sedang belajar menjadi orang'baik'
Pos ini dipublikasikan di opini dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s