5 langkah untuk menyembuhkan hati yang dihianati

cryngPernahkah sobat merasa dihianati? Dilecehkan? Merasa tidak dihargai? Apalagi bila  yang melakukan itu orang yang sangat sobat sayangi setulus hati. Perih dan sangat menghancurkan hati. Remuk rasanya hati ini. Saya pernah merasakannya, saya tahu rasanya, namun susah mengungkapkannya dengan kata kata.  Meskipun sudah saya ungkapan dengan kata kata yang super lebay, seluruh kata kata yang mengharu biru dikumpulkan dalam satu novel yang panjang, namun sakitnya tidak sebanding dengan kata kata yang menyedihkan itu.

Setelah sobat tahu dan merasakan perihnya sebuah penghianatan, akankan sobat membiarkan sobat hancur  karena perbuatan yang dilakukan orang itu? Apalagi bila orang yang menyakiti itu sedang menikmati ulah busuknya. Hrrrgh geram banget ! Rasanya bukan dengan cara itu sobat membalas sakit hati . Mungkin dia justru akan tertawa melihat sobat hancur.

Harus sobat tunjukkan bahwa dia tidak begitu berarti bagi kehidupaan sobat. Karena ga berartinya dia, maka tindakan konyolnya tidak memberi dampak yang berarti. Sobat harus sembuh dari luka itu dan kembali melanjutkan perjalanan hidup, seolah olah tidak terjadi apa apa. Cara apa yang harus dilakukan untuk menyembuhkan luka itu. Ada 5 hal yang harus dilakukan untuk menyembuhkan luka penghianatan,  yaitu :

  • Menerima kenyataan

Wajar bila ada perasaan marah,sakit hati dan dendam. Namun perasaan seperti itu         jangan diperturutkan sebab justru akan merugikan kehidupan sobat sendiri, pekerjaan terbengkelai, sikap kepada sahabat yang lain jadi ikut berubah,  sehingga akan mengganggu persahabatan dengan sahabat yang lainnya. Karena perubahan sikap sobat mungkin sahabat lainnya akan menjauh, sehingga sobat akan merasa semakin terpuruk.

  • Ambil hikmah dari kejadian ini

Setiap kejadian yang terjadi pasti mengandung hikmah yanga bisa dipetik. Sobat merasa beruntung karena penghianatan ini terjadi saat ini, hubungan masih dalam batas yang wajar, coba bayangkan bila kejadian ini terjadi ketika hubungan sudah lebih intim lagi dari saat ini, mungkin kesedihannya lebih menyakitkan lagi.

  • Melatih sifat pemaaf

Mungkin sangat sulit untuk memaafkan orang yang sudah jelas jelas menyakiti hati sobat. Namun sobat harus berusaha untuk memaafkannya,  setidaknya untuk kesehatan sobat sendiri. Kalau sobat terus memelihara dendam di hati,  sobat akan rugi sendiri karena kesehatan sobat pasti terganggu.  Dalam jangka pendek mungkin tidak terlihat efeknya, namun percayalah suatu saat akan merasakan efek dari dendam pada kesehatan sobat sendiri.

  • Tentukan batas waktu

Sangat aneh bila tidak merasa sedih dan sakit hati bila dihianati oleh orang yang disayangi. Wajar kesedihan itu hadir ketika dihianati, namun jangan biarkan kesedihan dan rasa dendam berlarut larut menggerogoti hati sobat. Tentukan batas waktu maksimal untuk bersedih. Cukupkan, dan segeralah bangkit dan melangkah lagi. Masih ada hari esok.  Masih banyak harapan yang bisa diraih oleh sobat.

Itulah sekelumit langkah yang mesti ditempuh oleh sobat untuk menyembuhkan diri dari pedihnya dihianati oleh orang yang  sobat sayangi. Semoga postingan yang singkat ini bermanfaat. Terima kasih sobat atas kunjungannya.

Baca juga  jangan-pernah-menyerah

Iklan

Tentang setyo adhi

saya hanyalah pria introvert yang sedang belajar menjadi orang'baik'
Pos ini dipublikasikan di hubungan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s