Cara mengatasi aksi bullying di sekolah

stopbulying.tanganAkhir akhir ini banyak sekali pemberitaan tentang kekerasan, sebagai salah satu bentuk dari  bullying. Kata bully terutama sangat familier di kalangan anak muda terutama anak sekolah.  Bullying bisa terjadi di mana saja. Di sekolah, di kantor, bahkan di rumah sekalipun.

Sebenarnya apa sih bully itu? Menurut definisi yang diterangkan oleh wikipedia, bullying adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalah gunakan atau mengintimidasi orang lain. Hal ini dapat mencakup pelecehan secara  lisan, ancaman, kekerasan fisik atau paksaan dan dapat diarahkan berulang kali terhadap korban tertentu mungkin atas dasar ras, agama, gender, seksualitas atau kemampuan.

Apa sih yang menjadi penyebab terjadinya pelaku bullying? Banyak sekali faktor yang menyebabkan pelaku bullying diantaranya kurangnya perhatian orang tua, kurang kasih sayang, kurang mampunya bersosialisasi dengan lingkungannya dan lain sebagainya.

Lalu apa dampak bullying terhadap korban? Dampak bullying pada korban bullying diantaranya adalah rasa kurang percaya diri, pemurung, penakut dan aspek kejiwaan lainnya. Dampak bullying tidak hanya menimpa korban bully, terhadap pelaku  juga mempunyai dampak yang justru lebih  mengkhawatirkan, diantaranya  sering terlibat aksi kekerasan, pemerasan, penyalah gunaan narkoba, dan cenderung terlibat aksi kriminal, baik yang ringan bahkan sampai yang  berat.

Apa saja tindakan yang perlu diambil untuk menghentikan aksi aksi bullying, terutama di sekolah. Tindakan yang perlu dilakukan antara lain :

  • Perlunya kerjasama antara sekolah dan orangtua di rumah untuk lebih  meningkatkan perhatian pada anak, terutama bagi anak yang mempunyai kecenderungan berperilaku berbeda dibandingkan dengan anak yang lainnya.
  • Memfasilitasi untuk semua anak didiknya  untuk bersosialisasi di lingkungan sekolahnya tanpa ada perbedaan fasilitas maupun sanksi yang dikenakan pada anak anak  yang berperilaku kurang wajar.
  • Mendidik anak untuk bertindak percaya diri menghadapi keadaan apapun.
  • Menanamkan jiwa pemaaf dan menjauhi sifat dendam, untuk menghindari terjadinya saling melepaskan amarah atas perlakuan yang kurang menyenangkan pada dirinya.
  • Pembekalan singkat dan simpel untuk menghadapi aksi bullying yang  dilakukan orang lain,misalnya keberanian untuk melaporkan pada guru, dan keberanian untuk tegas menolak aksi bullying yang dilakukan rekan sekolahnya.

Masih banyak aksi aksi yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menghentikan praktek bullying disekolah, mungkin  para psikolog dan guru  yang terkait yang bisa menjelaskan lebih terperinci dan lebih baik. Mohon kritik dan sarannya untuk mrnyempurnakan artikel ini.

Terima kasih kunjungannya. dan mohon maaf bila isi blognya masih jauh dari sempurna. Maklum masih nubi.

Baca juga   menghancurkan-ketakutan-dan-keraguan-dengan-bertindak

Sumber gambar : Ourcanadaproject.ca

Iklan

Tentang setyo adhi

saya hanyalah pria introvert yang sedang belajar menjadi orang'baik'
Pos ini dipublikasikan di hubungan dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s