Hikmah Dibalik Masalah Kehidupan

problemSobat pernahkah kita merenung dengan sungguh sungguh mengapa ada kesulitan  yang menghadang keinginan kita untuk segera diwujudkan. Selalu ada saja kendala yang mengganjal langkah kita, ketika kita sedang seru serunya mengejar impian yang ingin segera kita raih. Apakah kita saja yang mengalami kesulitan seperti yang kita rasakan. Sekilas orang lain tidak mengalami kesulitan seperti yang kita hadapi, alur hidup mereka sepertinya  lurus lurus saja. Benarkah  demikian?

Mungkin kita  menyangka yang disebut kesulitan itu hanya satu jenis saja, yaitu kesulitan yang sedang kita alami. Padahal yang disebut kesulitan itu  banyak sekali jenisnya. Kekurangan uang bagi si miskin merupakan musibah yang sangat menyulitkan, namun bagi si milyarder keuangan bukanlah masalah yang merisaukan. Mungkin bagi si milyarder kesehatan adalah masalah yang sangat meresahkan hati, padahal bagi si  miskin kesehatan bukanlah masalah yang serius karena kesehatannya selalu prima, paling hanya panu, batuk pilek yang segera sembuh dengan membeli obat warung.

Begitulah, tiap tiap orang memiliki masalah sendiri sendiri . Hanya beda jenis dan rupanya saja. Namun intinya tiap tiap manusia memiliki masalah. Tuhan sendiri telah berfirman,”Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah buahan.” (Qs. Al Baqarah:155). Dan bila Tuhan berkehendak menurunkan sesuatu pasti ada hikmah yang bisa dipetik. Lalu hikmah apa yang bisa dipetik dari musibah yang diturunkan Tuhan?

Berikut saya tuliskan beberapa hikmah dari adanya kesulitan yang diturunkan Tuhan :

  • Masalah adalah tanda kehidupan

Bila anda masih memiliki masalah kehiduapan berarti  anda masih hidup. Bila ingin terbebas dari masalah masalah kehidupan hanya ada di kuburan. Mereka sudah terbebas dari  masalah kehidupan. Mereka memiliki  masalah yang lain lagi yang coraknya tentu bukan masalah kehidupan lagi.

  • Masalah datang untuk memuliakan manusia

Dengan adanya masalah maka manusia akan menggunakan pikirannya untuk mencari solusi untuk mengatasi kesulitannya. Dengan jalan seperti ini manusia akan semakin cerdas dan terlatih menggunakan pikirannya, sehingga makin lama makin cerdas dan lebih mulia kedudukannya di hadapan mahluk lainnya. Jika tidak ada masalah mungkin manusia akan sama saja dengan binatang karena tidak mengetahui caranya menggunakan akal pikirannya.

  • Masalah membersihkan pikiran manusia dari keangkuhan

Masalah menyadarkan  manusia bahwa sesungguhnya lemah dan butuh pertolongan manusia yang lainnya untuk mengatasi masalah yang dihadapinya.  Sehingga manusia tidak lagi sombong dan picik memandang manusia  yang lainnya.

  • Masalah  membuat manusia tumbuh dan berkembang

Jika kita menengok ke belakang bagaimana perjuangan menghadapi kesulitan kesulitan.Susahnya belajar bersepeda, susahnya membentuk badan kita atletis, susahnya untuk bisa menulis dan membaca. Dari kesulitan kesulitan itulah kita menjadi seperti sekarang ini. Tanpa kesulitan kesulitan itu mungkin sekarang masih merangkak, gembrot dan bodoh.

Pastinya masih banyak hikmah yang bisa didapatkan dari adanya kesulitan. Pasti anda memiliki hikmah dari kesulitan yang pernah anda alami. Namun ini saja dulu yang bisa saya tulis kali ini, semoga bisa menyambung lagi di lain kesempatan. Terima kasih atas kunjungan anda di blog yang sederhana ini.

Baca juga  masalah-adalah-tanda-kehidupan

Sumber gambar : Wisnu93.blogspot.com

 

Iklan

Tentang setyo adhi

saya hanyalah pria introvert yang sedang belajar menjadi orang'baik'
Pos ini dipublikasikan di motivasi dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Hikmah Dibalik Masalah Kehidupan

  1. Ping balik: Beban Hidup Sesuai Kemampuannya | kunangimoet

  2. Ping balik: Kenapa Doaku Belum Terkabul? | kunangimoet

  3. Ping balik: ALLAH MEMBERI UJIAN SESUAI KEMAMPUAN HAMBANYA | kunangimoet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s