Selangkah Lagi

5 langkah agiDalam upaya membakar semangat untuk terus berjuang, dan terus melangkah dalam mewujudkan impian, ada satu kisah yang sangat menginspirasi, yaitu yang temanya selangkah lagi. Kisah ini saya ambil dari buku Napoleon Hill yang fenomenal Think and Grow Rich.

Dalam kisah ini menceritakan tentang perjuangan seorang penambang emas tradisional pada jaman revolusi industri. Namanya RU Darby. Dikisahkan bahwa Darby suatu hari ikut rombongan penambang ke hutan Colorado untuk ikut mengadu nasib mencari emas. Berbagai peralatan penggalian tradisional dibawanya untuk melancarkan usahanya.

Setelah menggali berminggu minggu, akhirnya  Darby muda mendapatkan bijih emas yang sangat menggembirakan. Darby semakin bersemangat dengan bijih bijih emas yang selalu ia dapatkan tiap hari. Maka ia putuskan untuk pulang dan membeli peralatan yang  lebih modern untuk mendapatkan emas yang lebih banyak. Maka seluruh asset kekayaannya dijual untuk membeli mesin bor untuk menggali tambang emas lebih dalam agar bijih emas yang didapatkannya lebih banyak lagi.

Tiap hari mesin penggali terus menggali dan menggali lebih dalam lagi supaya segera ditemukan sumber emas untuk menutupi biaya pembelian mesin bor yang cukup mahal.  Apalagi biaya pembelian mesin itu sebagiannya berasal dari pinjaman  beberapa kerabatnya.

Namun setelah penggalian yang begitu dalam, tiba tiba sesuatu terjadi. Lapisan tanah yang mengandung bijih emas itu tiba tiba lenyap! Mereka mengebor lebih dalam lagi agar lapisan yang mengandung bijih emas segera ditemukan lagi, namun setelah dilakukan pengeboran yang cukup dalam tetap saja lapisan tanah yang diharapkan tidak juga ditemukan.

Akhirnya mereka memutuskan untuk berhenti penggalian yang sia sia itu. Mereka jual mesin pengeboran itu pada tukang loak. Dan tukang loak memanggil insinyur pertambangan untuk mengetahui kedalaman lapisan tanah yang mengandung bijih emas dari penggalian yang telah dilakukan oleh Darby. Setelah dilakukan perhitungan oleh sang insinyur ternyata jarak antara penggalian yang dilakukan Darby dengan lapisan emas hanya tinggal tiga kaki lagi! Ya selangkah lagi. Tentu Darby sangat menyesali keputusannya untuk berhenti dari kesuksesan yang ternyata tinggal selangkah lagi

Dari cerita itu mudah mudahan kita bisa mengambil pelajaran untuk tidak gampang menyerah dan berhenti sebelum impian kita terwujud. Jangan jangan kegagalan kita dalam bidang tertentu karena kita memutuskan untuk berhenti. Dan yang membuat kita sangat menyesal jarak keinginan kita sudah sangat dekat dengan saat kita berhenti.

Nah sobat itu tadi postingan singkat yang inspirasinya saya ambil dari buku lama yang telah saya simpan.  Terima kasih atas kunjungannya, semoga yang singkat ini bermanfaat.

Baca juga : jangan-pernah-menyerah

 

 

Iklan

Tentang setyo adhi

saya hanyalah pria introvert yang sedang belajar menjadi orang'baik'
Pos ini dipublikasikan di motivasi, Tak Berkategori dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s