Cara Agar Bunga Mawar Cepat Berbunga

bunga mawarSeringkali pertanyaan mengapa bunga mawar yang ditanamnya belum juga berbunga? Bagaimana caranya agar bunga mawar segera berbunga? Pertanyaan ini terutama banyak terlontar dari kaum wanita yang sangat menggandrungi bunga mawar ini.

Bunga mawar hampir ada di setiap negara. Hal ini karena bunga mawar bisa tumbuh  mulai dari iklim dingin sampai iklim panas (sub tropis).  Di Indonesia tanaman bunga mawar ini hampir  bisa tumbuh di semua wilayah mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi (pegunungan), dengan rata rata ketinggian 1500 dpl.

Hampir semua wanita menyukai bunga mawar ini. Karena bunga mawar ini selain sangat indah susunan mahkota bunganya, juga sangat harum aroma bunganya. Tidak mengherankan bunga mawar ini menjadi simbol cinta sekaligus menjadi simbol kecantikan para wanita.

Meskipun kebanyakan wanita pernah menanam bunga mawar ini, namun hanya sedikit dari mereka yang bisa menikmati indahnya bunga mawar yang keluar dari pohon mawar yang ditanamnya sendiri. Mengapa pohon bunga mawar terlihat subur namun tidak juga segera berbunga?

Ada banyak faktor yang menyebabkan bunga mawar belum juga berbunga. Mungkin tanahnya miskin unsur hara, kurangnya penyiraman, terlalu rimbun, terkena hama dan penyakit, atau  ada faktor penyebab lainnya.

Berikut akan saya uraikan secara singkat cara cara yang simpel yang bisa dilakukan meskipun oleh para wanita disela sela kesibukannya mengurus urusan rumah tangga sehingga bunga mawarnya segera berbunga, monggo disimak :

Pemupukan

Seperti umumnya tanaman, agar bunga mawar bisa tumbuh dan berbunga dengan  baik membutuhkan pemupukan untuk menjamin  kebutuhan akan unsur hara untuk pertumbuhan akar, batang, dan daun. Idealnya diberi pupuk organik berupa kompos, namun bila susah didapatkan bisa digunakan pupuk majemuk berupa NPK yang bisa menyediakan unsur Nitrogen, Fosfat dan Kalium. Bila menggunakan NPK jenis mutiara bisa memberikan sekitar 20 butir perdua minggu di awal pertumbuhan, bila menggunakan NPK biasa bisa memberikan 5 gr/pohon, pemupukan berikutnya bisa dilakukan secara kontinyu tiap 3 bulan sekali.

Penyiraman

Penyiraman ini dilakukan untuk menjamin ketersediaan air guna melarutkan unsur unsur hara untuk dibawa dari akar ke daun untuk diproses melalui proses fotosintesis  dan hasilnya akan di sebarkan untuk semua bagian tubuh tanaman bunga mawar ini mulai dari akar, batang, dan daun agar bunga mawar segera berbunga. Diawal pertumbuhan penyiraman bisa dilakukan 1-2hari sekali. Selanjutnya penyiraman bisa dikurangi disesuaikan dengan kondisi kekeringan tanah tergantung dari musim, dan curah hujan. Sebaiknya penyiraman dilakukan pagi atau sore hari dengan menggunakan gembor atau kran dengan jenis butiran, rintik rintik.

Penyiangan

Penyiangan rumput dan gulma di sekitar batang pohon bunga mawar dilakukan agar tidak terjadi persaingan antara rumput liar dan pohon bunga mawar dalam mendapatkan unsur hara dalam tanah. Juga mencegah rumput liar menjadi sarang dan sumber hama dan penyakit yang akan menghambat bunga mawar berbunga.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama yang  biasa menyerang tanaman bunga mawar yaitu kumbang dan kutu daun. Pengendalian hama jenis ini bisa menggunakan insektisida, seperti Curacon  500EC, Decis 2,5EC dengan dosis yang dianjurkan. Adapun penyakit yang biasa mengganggu bunga mawar yaitu cendawan , karat daun, dan bercak hitam. Cendawan bisa dikendalikan dengan fungisida.

Pemangkasan

Pemangkasan merupakan bagian terpenting dari artikel ini. Bila semua langkah langkah di atas telah dilakukkan namun belum juga berbunga mungkin faktor pemangkasan inilah solusinya. Pemangkasan biasanya luput dilakukan oleh si penanam karena merasa sayang tanaman mawarnya yang tumbuh subur itu harus dipangkas. Justru tanpa pemangkasan itulah yang menghambat proses pembungaan. Bila pohon mawar dibiarkan saja tumbuh rimbun  akan terus merangsang fase vegetatif yang hanya akan menghabiskan hasil fotosintesis untuk menghasilkan daun dan pucuk baru yang terus akan bertumbuh tanpa menumbuhkan fase generatif. Fase generatif ini bisa dirangsang dengan pemangkasan. Dengan pemangkasan maka sinar matahari akan lebih diserap dengan baik oleh daun sehingga proses fotosintesispun lebih baik dan akan tumbuh pucuk pucuk yang bisa memicu fase generatif sehingga bunga mawar segera berbunga.

Mungkin pembaca memiliki trik trik lain yang semua tujuannya agar bunga mawar  segera berbunga. Mungkin ada yang menambahkan? Silahkan berbagi.

Mungkin ini saja postingan saya hari ini, semoga bermanfaat. dan terima kasih atas kunjungan anda.

Sumber ilustrasi : grosirtanamanhias.id

Baca juga cara agar bunga bougenville cepat berbunga

Iklan

Tentang setyo adhi

saya hanyalah pria introvert yang sedang belajar menjadi orang'baik'
Pos ini dipublikasikan di tanaman dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Cara Agar Bunga Mawar Cepat Berbunga

  1. Ping balik: Cara Mudah Menggembungkan Bonggol Adenium (Kamboja Jepang) | kunangimoet

  2. Ping balik: Cara mudah agar pohon mangga segera berbuah | kunangimoet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s