CARA MENGATASI TAKUT GAGAL

takut gagalTidak sedikit dari kita mengidap rasa takut, yaitu  ketakutan terhadap suatu benda atau situasi/kondisi tertentu. Salah satunya  bentuknya yaitu ketakutan ketika akan melakukan suatu tindakan. Ya takut gagal. Saya adalah salah satu penderita penyakit mental ini. Takut gagal, segala sesuata yang akan saya lakukan selalu dibayang bayangi rasa takut. Takut hasilnya buruk, takut gagal total, dan pikiran ketakutan lainnya.

Karena perasaan takut ini sangat mengganggu kehidupan saya, maka selalu mencari cara tcara untuk mengatasi rasa takut ini. Saya mencari buku buku motivasi dan juga bertanya tanya pada orang yang punya keberanian untuk menghadapi kesulitan hidupnya. Dan saya mempraktekan apa yang di paparkan di buku buku dan juga teman, sampai saya mempunyai pengertian yang benar tentang fakta rasa takut dan cara mengatasi rasa takut.

Mengapa saya demikian ketakutan ketika akan melakukan suatu tindakan? Sebab saya sejak kecil mengidap rasa rendah diri. Saya merasa apa yang saya lakukan tidak akan berjalan dengan baik. Saya merasa tidak mampu menyelesaikan pekerjaan dengan  baik. Saya tahu itu hanya perasaan inferior saja.

Saya meyakini itu hanya perasaan negatif saja? Pada kenyataanya saya bisa menyelesaikan tugas tugas yang harus saya kerjakan dengan hasil yang sangat memuaskan. Waktu saya masih di SD dan SMP saya selalu ketakutan menghadapi ujian sekolah. Saya takut tidak  bisa mengerjakan soal ujian dan tidak bisa naik kelas.

Padahal kenyataannya ketika ujian tiba saya bisa melibas soal soal ujian dengan mudahnya. Juga saya setidaknya selalu masuk 3 besar. Namun tetap saja saya selalu takut gagal. Saya ingat waktu kelas 2 SMP saya mengerjakan soal matematika dengan mudah dan cepat. Walaupun sudah selesai saya tidak berani keluar karena saya juga punya sifat pemalu. Untuk menghabiskan waktu menunggu bel saya melukis sketsa wajah gadis yang saya sukai. Saking asiknya saya melukis tidak sadar pengawas ada dibelakang saya yang kebetulan guru matematika saya yang super killer.

Tanpa aba aba, tiba tiba guru itu”PLAK!!” menempeleng kepala saya.”kerjakan soalmu, ini ujian! Jangan nggambar saja!”. Sumpah! Kalau kejadian itu terjadi jaman sekarang, mungkin guru itu sudah ayah saya laporin ke pulisi, dengan dakwaan melakukan kekerasan dan penganiayaan terhadap murid yang banyak dilaporkan  oleh wali murid  jaman sekarang. Mudah mudahan telapak tangan pak guru yang  menempeleng kepala saya masih ‘baik baik’ saja,he he..

Sebenarnya tiap orang  minimal mengidap rasa takut pada satu benda atau kondisi tertentu. Takut anjing, tak cacing, takut kegelapan, takut ketinggian, bahkan ada lho yang takut sama bulu buah rambutan!

Jadi kalau anda mengidap rasa takut pada kegagalan, tenang saja, anda tidak sendiri, minimal ada satu orang yang mengidap ketakutan seperti anda.ya “SAYA!”

Ah, jangan terlalu serius memandang ketakutan jenis ini, hampir semua ketakutan itu hanya ilusi. Sungguh! Kebanyakan apa yang kita takutkan tidak pernah terjadi, asalkan kita tetap menjalani hidup ini wajar wajar saja, tidak terlalu menyimpang dari batas batas kewajaran. Nyatanya kita masih eksis sampai sekarang, ya kan?

Kalaupun apa yang kita takutkan itu tetap terjadi, maka kejadian itu tidak seseram yang kita bayangkan. Anda tahu kan, mimpi buruk lebih menyeramkan dari pada kejadian yang sebenarnya. Padahal mimpi itu hanya ilusi belaka.  pikiran kitapun selalu melebih lebihkan apa yang kita takutkan, maka bertambahlah ketakutan kita.

Lalu bagaimana caranya mengatasi ketakutan yang kita rasakan? Berikut saya tuliskan poin poin yang biasa saya praktekan untuk mengatasi ketakutan yang saya rasakan. Sebetulnya cara cara yang lebih ilmiah banyak bertebaran di dunia maya yang dijelaskan oleh para pakar psikologi. Yang ini berdasarkan pengalaman pribadi saja. Oke, Cekidot! :

  1. Saya selalu mengingat kutipan ayat suci “Allah menyertai orang orang yang sabar”, ini  berarti kalau  kita sabar Tuhan akan menyertai kita. Kalau Tuhan menyertai kita, apa yang kita takutkan? Semuanya akan bisa diatasi kan? Belajarlah meyakini kebersamaan dan kekuasaan Tuhan.
  2. “Allah tidak membebani hambanya diluar kemampuan hambanya”, hal ini berarti segala masalah yang kita hadapi pasti mampu kita selesaikan, yakin dan pasti!
  3. Tidak ada peristiwa yang  sifatnya abadi. Semuanya hanya sementara saja. Seiring dengan waktu kejadian yang kita takutkan itu pasti lenyap. Nyanyikan lagu “Badai Pasti Berlalu.” (Kalau perlu pake Toa mesjid, pasti dianggap kentir, he he..).
  4. Ingat petuah kang Emerson filsuf amrik itu, “Kerjakan apa yang anda takutkan, maka ketakutan itu pasti lenyap seketika”.

Itu saja cara saya mengatasi rasa takut akan kegagalan, mungkin bagi anda yang memiliki rasa takut gagal seperti saya, bisa mempraktekan trik diatas. Yang penting meskipun takut jangan pernah menyerah. Teruslah mencoba, mencoba dan mencoba sampai berhasil. Berpura puralah berani, teruslah mencoba meskipun terkencing kencing,he he, PISS lah !, terima kasih atas kunjungannya.

 

Tentang setyo adhi

saya hanyalah pria introvert yang sedang belajar menjadi orang'baik'
Pos ini dipublikasikan di motivasi, Tak Berkategori dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke CARA MENGATASI TAKUT GAGAL

  1. Ping balik: JANGAN TAKUT GAGAL | kunangimoet

Tinggalkan Balasan

