Cara Agar Bisa Segera Tidur Nyenyak

tidur, tidak bisa tidurSobat sudah malam nih, nggak tidur? Hah.. ngga bisa tidur? Kalau hanya temporer mungkin wajar wajar saja, tapi kalau sering terjadi mengganggu juga ya?

Gimana sih agar bisa segera tidur nyenyak?

Bisa tidur dengan nyenyak memang keinginan setiap orang, agar bisa mengistirahatkan tubuh agar besok pagi bisa bangun dengan segar, sehingga bisa beraktifitas lagi dengan panuh semangat.

Namun  banyak sobat yang tidak bisa segera tidur meskipun sudah cukup larut malam  dan sudah mencoba untuk segera tidur.

Kenapa ya?

Ada banyak faktor yang mengakibatkan susah tidur. Anak gaul bilang ‘insomnia’. Padahal belum tentu insomnia.

Faktor apa saja yang menyebabkan susah tidur, inilah mungkin penyebabnya:

  • Merokok

Merokok dapat menyebabkan dada berdebar dan kurangnya asupan oksigen ke dalam paru paru yang akan mengurangi kenyamanan tidur anda.

  • Keadaan kamar tidur yang berantakan

Keadaan kamar dan tempat tidur yang berantakan akan mengurangi  keinginan anda untuk tidur, jangankan untuk tidur nyenyak untuk sekedar merebahkan tubuh saja mungkin malas karena keadaan ranjang yang berantakan.

  • Udara kamar yang apek

Udara kamar bau asap rokok, bau obat nyamuk bakar  atau bau pakaian kotor, bau sisa siomay minggu lalu dan lainnya, terutama yang dasarnya emang jorok, sempurna deh apeknya!

  • Badan belum bersih

Ada lho yang   karena kecapaian buru buru merebahkan badan untuk segera tidur, padahal badan belum mandi, belum gosok gigi. Bagaimana bisa  tidur nyaman kalau badan bau kringet, kulit lengket, mulut bau tong sampah!( he he… ngga banget!) piss…

  • Berisik

Kamar berisik, radio ga jelas yang distel keras keras, bunyi kipas angin rusak, suara nyamuk, erangan kucing kawin, tetangga lagi brantem sama bininya, hadew..?!

  • Masalah di kantor di bawa ke tempat tidur

Kalau yang ini jelas salah sendiri, ngapain urusan kantor dibawa bawa ke ranjang, jelas istri marah besar. Ga bisa tidur. Sudah kusut, elusan jelas ga romantis, cucak rowonya juga ga bisa  unjuk gigi. (maaf..)

Gimana dong ngatasinya?

Banyak teori yang menjelaskan cara cara yang bisa ditempuh agar bisa tidur, tapi saya memilih yang praktis praktis saja,  diantaranya  yaitu:

  • Rapikanlah kamar agar terkesan bersih yang nyaman.

Bagaimana ketika anda memasuki kamar hotel, inginnya segera rebahan dan tidur kan? Itu karena kamar tidurnya selalu rapi dan bersih.

  • Semprotkanlah parfum beraroma lembut

Aroma parfum yang lembut akan menenangkan hati dan  rileks sehingga mendorong rasa kantuk datang.

  • Dengarkanlah alunan musik lembut

Rasa tenang dan rileks  bisa  dirangsang dengan alunan musik lembut seperti instrumental piano, bunyi gamelan gendhing jawa, atau suara alam seperti bunyi angin, debur ombak, suara perkutut, yang penting jangan suara kuntilanak aja, ntar malah stress!

  • Pakai baju berbahan lembut dan longgar

Pakaian yang lembut dan longgar akan memberi kebebasan dalam bernapas dan bergerak sehingga tidak mengganggu keinginan untuk segera tidur.

  • Ganti lampu dengan yang temaram atau matikan lampu

Asalkan tidak phobia kegelapan biasanya suasana yang temaram atau gelap akan mendorong rasa kantuk tiba. Kecuali yang phobia kegelapan lampu yang temaram akan mempersulit rasa kantuk datang.

  • Bayangkanalah suasana tenang dan damai

Suasana damai akan merangsang rasa kantuk. Misalnya bayangkan tiduran di tenda di perkebunan teh puncak, tiduran di perbukitan sambil menikmati pemandangan persawahan di kejauhan dari atas bukit. Damai banget kan?

  • Minumlah segelas air susu hangat atau coklat hangat

Meminum segelas susu atau coklat hangat akan merangsang rasa tenang dan rileks. Rasa kantukpun diharapkan datang.

  • Membaca  buku

Bagi yang hobby membaca, terapi membaca buku yang disukai sangat membantu mendatangkan rasa kantuk. Mungkin baru membaca dua halaman sudah tertidur dengan pulas.

Pada dasarnya semua tindakan itu agar suasana hati menjadi tenang, rileks dan damai sehingga bisa merebahkan badan dan bisa menikmati istirahat tidur dengan tenang dan nyenyak sehingga pagi harinya bisa bangun dengan segar.

Itu saja postingan kali ini semoga bermanfaat, terima kasih sobat atas kunjungannya.

Baca juga : cara-mengatasi-sifat-pendiam-dan-pemalu

Iklan

Tentang setyo adhi

saya hanyalah pria introvert yang sedang belajar menjadi orang'baik'
Pos ini dipublikasikan di cara mengatasi dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s