Hidup Apa Adanya

nenek rentaHidup apa adanya.Hallo sobat, setiap kita memiliki masalah kita pasti berusaha memohon pertolongan pada Tuhan. Tuhan sendiri telah mengajarkan doa doa yang baik yang diajarkan melalui para utusanNya. Itu adalah doa terbaik. Namun kadang kita membuat doa sendiri karena belum puas dengan doa doa yang diajarkan oleh Tuhan . Memang kita diperbolehkan untuk menyusun doa doa sesuai dengan permasalahan yang sedang kita hadapi. Namun terkadang kita kebablasan dalam berdoa pada Tuhan, dimana permintaan itu tidak didasarkan pada kebutuhan, namun didasari oleh nafsu.

Sebagai contoh kalau berdoa kita ingin rejekinya melimpah dan kaya raya. Juga umur yang panjang. Bahkan ada lagu yang liriknya ingin hidup seribu tahun lagi dan kaya raya yang hartanya tidak habis tujuh turunan. Wuiiih! apa ga kebablasan tuh? Apakah dijamin kalau umurnya panjang dan hartanya melimpah kita bisa hidup bahagia selamanya. Belum tentu!

Hidup seperti permintaan  dalam doa di atas bahkan mungkin akan membawa petaka. Buktinya firaun diberi jasmani yang senantiasa sehat dan dengan kekayaan  yang melimpah ruah justru menjadi sumber kebinasaanya. Dengan hidup dengan umur yang sangat panjang dan sehat selamanya mungkin akan membawa manusia semacam itu diliputi kesombongan, berani babi dan jauh dari rasa empati pada orang orang yang sedang dilanda kesusahan.

Begitupun umur yang terlalu panjang kemungkinan tidak akan membawa kebahagiaan. Bagaimanapun yang namanya jasmani pasti mempunyai daya tahan terbatas. Mungkin jasmani manusia mampu berfungsi secara optimal katakanlah sampai 100 tahun, maka ketika manusia ingin hidup melebihi batas itu, mungkin hanya penderitaan yang akan didapatkannya. Kulit mulai keriput,jauh dari kesan cantik dan ganteng. Organ tubuh sudah mulai terganggu fungsinya, mulai sakit sakitan, mata kabur, kelezatan makanan hilang dan mulailah kenikmatan hidup mulai hilang meskipun umur panjang.

Makanya kita tidak heran ketika mendapati orang yang hidupnya sangat panjang, orang tersebut mulai bosan hidup dan berdoa minta dimatikan oleh Tuhan, ga percaya? Saya percaya karena pernah baca wawancara dengan nenek nenek yang umurnya melebihi seratus tahun. Berkali kali  orang tersebut minta mati tapi belum juga dimatikan.

Bagi sobat yang suka cerita wayang kulit pasti pernah mendengar cerita brahmana yang umurnya panjang banget. Karena panjangnya dia mulai bosan hidup, dan mencari mati dengan menantang para ksatria untuk bertarung untuk mencari kematiannya. Namun tidak ada yang bisa membunuhnya, frustasi  hingga bertemu titisan wisnu yang bisa mengantarkan kematiannya.

Itulah hikmah  dari hidup yang berlebih lebihan. Segala yang berlebihan cenderung mubadzir.  Masihkah menginginkan hidup yang berkelimpahan dan berlebihan  dan luar biasa?? Marilah kita minta secukupnya saja. Yang terbaik adalah doa doa yang diajarkan oleh utusanNya, ya para Nabi dan RosulNya.

“Allahumak fini bihalalika an haramika waghnini bifadhlika amman siwaka”

Terima kasih sobat atas kunjungannya, semoga renungan singkat ini  bermanfaat.

Baca juga  allah-memberi-ujian-sesuai-kemampuan-hambanya

Sumber gambar : zegmaarlely.blogdetik.com

Iklan

Tentang setyo adhi

saya hanyalah pria introvert yang sedang belajar menjadi orang'baik'
Pos ini dipublikasikan di motivasi dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s