10 BUKU PALING LARIS DI DUNIA

bukuSobat, mungkin sobat memiliki buku yang sangat disukai. Bisa jadi buku yang sobat miliki merupakan  salah satu buku dari 10 buku paling laris di dunia, Jika jawabannya “YA”, maka sobat layak berbangga memiliki salah satu buku yang masuk katagori buku terlaris sepanjang masa.  Buku apa saja yang menjadi buku terlaris sepanjang masa. Penasaran ya?

Berikut adalah buku terlaris yang berhasil di jual sepanjang  masa :

1. A Tale of Two Cities, oleh Charles Dickens.                                                                                 Buku yang sangat terkenal ini dipublikasikan pertama kali tahun 1859. Sampai sekarang sudah terjual sebanyak 200 juta buku.

2. The Lord of The Ring, oleh J.R.R.Tolkien.                                                                                Pertama kali dipublikasikan pada tahun1954. Sampai  sekarang sekarang sudah terjual 150 juta buku.

3. The Little Prince, oleh Antoine de Saint Exupery.                                                                      Buku ini aslinya berbahasa  Prancis. Pertama kali dipublikasikan dalam bahasa Inggris pada tahun 1943. Sampai sekarang buku ini telah terjual sebanyak 140 juta buku.

4.  And Then  There Were None. oleh Agatha Christie.                                                               Pertama kali buku ini dipublikasikan pada tahun 1939, dan sampai  saat ini telah terjual sebanyak 100 juta buku.

5. Dream of  The Red Chamber, oleh  Cao Xueqin                                                                         Pertama  kali dipublikasikan dalam bahasa cina  tahun 1791. Sampai sekarang sudah terjual 100 juta buku..

6. The Hobbit, oleh J.J.RTolkien                                                                                                        Sejak dipublikasikan pada tahun 1037 sudah  terjual 100 juta buku

7. The Lion, the Witch and the Wardrobe, oleh C.S Lewis                                                    Sejak diluncurkan tahun 1950 sudah terjual 85 juta buku.

8. She : A History of Adventure, oleh H.Rider Haggar.                                                         Sejak dipublikasikan tahun 1887 sudah terjual 83 juta buku.

9. The  Da Vinci Code, oleh Dan Brown.                                                                                    Buku ini dipublikasikan tahun 2003 dan sudah terjual 80 juta buku.

10.Think and Grow Rich, oleh Napoleon Hill.                                                                   Dipublikasikan tahun 1937 dan sudah terjual 70 juta buku.

Nah itulah buku buku yang menjadi buku terbanyak penjualannya sampai saat ini. Mungkin di masa mendatang akan  berubah posisinya. Mungkinkah tergeser oleh buku karya sobat sendiri??? Amiiiin…

Terima kasih sobat atas kunjungannya.

Sumber ilustrasi : en.wikipedia.org

Baca juga bingung-mau-nulis-apa-ya

Dipublikasi di info unik | Meninggalkan komentar

TEGANYA KAMU..!!

teganya-kamuIni cerita lama, namun kalau terkenang, aku betul betul dongkol. Waktu masih ngangsu kawruh,  aku terkenal cupu, pemalu dan ga begitu suka kumpul kumpul. Introvert atau ‘kuper’ lah istilahnya. Karena itulah aku jarang sekali masuk kelas, apalagi bila mata pelajaran dan pengajarnya ga nyenengi, mboseni gitu! Yang penting, bisa fotokopi catatan teman , pelajari sendiri dan waktu ujian bisa lulus dengan nilai bagus. Dah! Simpel kan..??

Prinsip di atas memang ga bagus. Harusnya banyak mengikuti kegiatan yang melibatkan teamwork untuk  melatih berorganisasi, tapi yaa gitu deh, dasarnya introvert jadi senengnya sendirian dan kegiatan kegiatan yang hanya melibatkan diri sendiri. Baca buku, menggambar, atau jalan jalan di hutan. Ke toko dan supermarket? Ogah !! Malah pusing lihat banyak orang.

Saat itu   aku mengambil satu mata pelajaran yang kebetulan tidak aku sukai, tapi mata pelajaran wajib. Mau tak mau harus diambil sebagai syarat untuk mengambil mata pelajaran berikutnya. Aku ingat sekali, pengajarnya namanya Pak Supartoto. Karena ga pernah menghadiri kelas jadi aku ga tahu tampang pengajarnya. Sekali aku hadir , pengajarnya ga datang.

Minggu itu ada tugas mata pelajaran tersebut yang harus segera dikumpulkan. Aku berangkat rada pagian agar bisa langsung menyerahkan hasil tugas yang sudah kukerjakan malam harinya. Datang ke kampus hanya ada tiga temanku yang lagi membolak balik kertas tugasnya.

Langsung aku bergabung dengan teman teman dan sedikit basa basi.

“Serahin yuk.” ajakku.

“Pak Supartotonya ga ada.”jawab Pujo.

“Tumpuk saja di mejanya. Tapi di dalam ada orang kok, tuh suara batuk batuk” jawabku.

“Dhi, tanya sana Pak Supartotonya dah datang belum?”

Karena ingin cepet cepet pulang ke kostku, aku masuk ke ruangan dan bertanya di mana meja Pak supartoto. Dosen itu menatap tajam penuh selidik.

“Kamu suka hadir tidak ke kelasnya Pak Supartoto?” Tanya dosen itu.

“Hadir Pak, selalu..” Bohongku.

“Kamu pasti bohong, nyatanya Pak Supartoto saja ga tahu!” bentaknya.

“Mejanya yang mana, Pak?” Tanyaku ingin cepat cepat menjauh dari orang itu.

“Mejanya ya INI!, Pak Supartoto itu ya ‘AKU’ ini !! bentaknya lagi. “Aduh…!!!” panas mukaku menahan malu. Langsung keluar cepat cepat tanpa permisi.

Di luar teman teman sudah cekikikan menahan tawa yang siap meledak.

Kurang ajarrr! TEGANYA KAMU..!!

(Salam buat Pujo, Wuri dan Irianto)

Sumber ilustrasi : Pinterest

 

 

 

 

 

 

Dipublikasi di ngalor ngidul | Tag , , | Meninggalkan komentar

OH MALUNYA AKU..

oh-malunya-akuMalam sobat…, diluar hujan ga ada kegiatan yang bisa kulakukan kecuali mlototin laptop. Lama lama bosen juga, ah mau  nulis apa ya  di blog kecil ini. Ah ini aja ya, ceritanya seminggu yang lalu ngantar Ibu ke dokter. Kupilih sore hari supaya antrinya ga terlalu lama, kasihan Ibu harus duduk lama lama kalau antriannya panjang.

Yaah ternyata dugaanku meleset. Pasiennya banyak juga. Mana antriannya baru nomer 20, padahal Ibuku kebagian nomer 40.  Kasihan Ibu sudah bolak balik melihat jam dinding, mungkin sudah pegel, Tapi budaya antri harus dijalankan, kita harus ikut antri. Pasien lainpun ingin cepat dipriksa dokter, semuanya sama. Sama sama sakit.

Setelah menunggu cukup lama nama Ibuku di panggil untuk mendekati ruang dokter. Didepan ruangan dokter hanya ada satu bangku panjang, sekedar untuk menampung 5 pasien yang siap untuk dipriksa. Aku cukup berdiri mendampingi Ibuku. Lagipula bangkunya sudah penuh diduduki oleh  5 orang.

Eh dasar ‘rejeki anak sholeh’, tiba tiba ada gadis manis berjilbab  membawa kursi plastik dan meletakannya di sampaingku. Tidak lupa mengangguk dan tersenyum sopan kepadaku. Kubalas senyum manisnya, dengan pedenya kuucapkan terima kasih.

Aku kembali ngobrol kembali dengan Ibuku sambil duduk nyaman di   ‘kursi baruku’. Sedang asyik asyiknya ngobrol tiba tiba ada yang menggoyang goyang kursiku.”Mas kursinya mau dipakai mbahku,”kata gadis tadi sambil menarik ‘kursiku’.

“Bukan buat aku tho..?”Tanyaku bego.

“Ambil saja sendiri..!”Jawabnya tanpa ekspresi.

Dibelakang orang orang cekikikan menertawakanku. Oh malunya aku..!!

Sumber gambar : Shutterstock

 

Dipublikasi di ngalor ngidul | Tag , , , | Meninggalkan komentar

TUKANG PERMAK LEVIS DI KAMPUNGKU

sempit-permakKupandangi celana jeansku dengan perasaan kecewa dan sedih . Sudah dua jeans kucoba dan tak ada yang muat lagi di pinggangku. Secepat itukah perutku membuncit? Padahal aku masih mempunyai 5 jeans lagi, yang belum kucoba.  Aku jadi was was semua jeansku tak bisa digunakan. Dan yang bikin hatiku makin dongkol semua jeansku tak muat lagi di pinggangku. Yaahhhh….mubaziir…

Memang sejak aku dinyatakan menderita gangguan jantung , jarang sekali berolah raga berat, cepat merasa capai dan napasku jadi pendek, maka aku hanya olah raga ringan yang tidak bisa mengimbangi asupan makanan yang cukup  besar sehingga menumpuk jadi lemak di pinggang, walhasil jeans kesayanganku sudah pada sempit dibagian pinggang.

Daripada jeansku kutumpuk di lemari tak berguna, akhirnya kubagi bagikan pada saudara dan orang yang mau memakai jeans bekasku, lumayan  masih ada yang mau memakainya. Daripada mengisi lemari pakaian atau dibuang kan sayaang.

Tapi beberapa hari yang lalu aku melihat kerumunan ibu ibu yang mengelilingi sesuatu. Rupanya ada tukang permak celana. Di kampung  seperti ini ada juga tukang permak. Dulu tukang permak hanya ada di kota, mungkin karena sengitnya persaingan antar tukang permak kini melirik ke perkampungan untuk menolong warga yang memiliki pakaian yang ukurannya tidak lagi sesuai dengan ukuran tubuhnya, sehingga pakaiannya perlu dirombak lagi.

Andaikata aku bertemu dengan tukang permak sejak beberapa bulan yang lalu mungkin aku bisa membesarkan ukuran celana jeansku sehingga masih bisa kupakai. Sehingga aku tidak perlu lagi membeli  jeans baru lagi, sekarang harga jeans sudah pada naik, mungkin aku harus cukup lama menabung untuk bisa memiliki jeans baru.

Dengan kehadiran tukang permak di kampungku mudah mudahan warga bisa mendapat solusi murah untuk permasalahan yang dialami olehku. Meskipun sepele kehadiran tukang permak ini menjadi  interaksi mutualisme lho? Tukang permak dapat duit buat blanja dapur,  ibu ibu juga menghemat uang sampai ratusan ribu jika harus membeli pakaian sejenis bila tidak ada tukang permak. Daripada beli jeans  baru atau gaun anak yang baru lebih baik dipermak kan bisa dipakai lagi,  menghemat kaan……? Ucapin makasih yang banyak buat mang permak dan yang penting ongkosnya jangan ditawar banyak banyak, ntar ga mau lewat kampung ini lagi, baru nyaho!!

Hehhh… tulisanku kelar juga dan kucukupi dulu, anggap saja ini pemanasan untuk kembali mainan laptop, setelah setahun kutinggalkan karena koneksi internet dikampungku masih bergantung pada telkomsel yang masih edge, sehingga mengurangi semangat ‘dolanan’ leptop.

Aku juga ga tau  ini tulisan manfaat ga sih? Ah bagi yang membaca dan ga dapat  apa apa, hanya buang buang waktu saja membaca tulisan ini, yah maklumi saja. Maafin ya…?

Dipublikasi di ngalor ngidul | Tag , , | Meninggalkan komentar

Kenapa Doaku Belum Terkabul?

Sobat, semua manusia pasti mengapa doaku belum terkabulpunya kainginan. Keinginan yang ingin segera terwujud jadi kenyataan. Karena itulah mati matian manusia berusaha dengan segenap kemampuan untuk mewujudkannya. Namun kadang  ada satu hal yang terlupa dilakukan, yaitu Doa. Ya berdoa pada Tuhan.

Sehebat apapun usaha yang dilakukan oleh manusia, jika belum diperkenankan oleh Allah maka keinginannya pasti belum bisa terwujud. Karena itu maka doa merupakan kebutuhan tiap manusia untuk mewujudkan keinginannya. Dan semuanya ingin agar doa yang dipanjatkan segera terkabul.

Tapi dalam kenyataannya banyak orang mempertanyakan kemustajaban doa yang telah dilakukannya. Berhari hari, berbulan bulan, bahkan bertahun tahun telah berdoa. Namun doa yang dipanjatkannya belum juga terwujud. Pasti akan terlontar tanya di hatinya,”Kenapa doaku belum terkabul?”.

Sesungguhnya kalau kita memanjatkan doa pada Allah, dan syarat syarat  cara berdoa sudah dipenuhi,  maka kita harus yakin sepenuhnya bahwa doa kita pasti terkabul.

Bukankah Allah sendiri telah berjanji:

“Berdoa kepadaku niscaya akan Kuperkenankan bagimu” (Qs.Al Mukmin:60)

Juga pada ayat yang lainnya :

“Dan apabila hamba hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku adalah dekat, Aku mengabulkan permohonan orang orang yang berdoa kepadaKu” (Qs.Al Baqarah:186).

Bahkan Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Tidak seorangpun yang berdoa, kecuali akan dikabulkan”(HR.Tirmidzi).

Kalau sudah ada  keterangan yang jelas mengapa masih ragu dan mempertanyakan doa yang sampai saat ini belum terkabul.

Cara Allah mengabulkan doa hambaNya bermacam macam, hal ini dijelaskan oleh Nabi SAW dalam sabdanya :

“Tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutus silaturahmi (antara kerabat) melainkan Allah SWT akan beri padanya tiga  hal :(1) Allah akan segera mengabulkan doanya, (2) Allah  akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan (3) Allah akan menghindarkan dirinya dari kejelekan yang semisal.” Para sahabat lantas mengatakan,”Kalau begitu kami akan memperbanyak berdoa.” Rosulullah SAW lantas berkata,”Allah SWT nanti yang memperbanyak pengabulan doa doa kalian.” (HR. Ahmad)

Sobat kalau Allah sudah berjanji, maka pasti ditepatinya. Allah tidak pernah mengingkari janjiNya.

Kalau sampai saat ini doa kita belum terkabul, pasti ada hikmah yang masih tersembunyi. Mungkin suatu saat kita akan memahami hikmah dari tertundanya pengabulan doa yang kita panjatkan.

Marilah kita kupas kemungkinan kemungkinan hikmah yang tersembunyi dari belum terkabulnya doa doa yang kita panjatkan. Kemungkinan itu antara lain :

  • Mungkin Allah  menunda  pengabulan doa untuk kebaikan kita.

Allah Maha Mengetahui kapan doa kita dikabulkan. Mungkin Allah mengetahui bahwa doa kita lebih baik diberikan di akhirat kelak. Kalau diberikan saat ini mungkin akan membawa kemudaratan di belakang hari. Mungkin kita akan menjadi takabur, atau yang biasanya rajin sholat menjadi malas sholat dan berdoa karena merasa doanya sudah terkabul, karena merasa tidak butuh lagi pada pertolongan Allah.

  • Mungkin untuk  menguji keimanan dan kesabaran kita

Penundaan pengabulan atas doa doa kita bisa jadi merupakan ujian keimanan dan kesabaran kita. Allah ingin menguji apakah kita yakin akan janji janji Allah dari ayat diatas. Juga diuji sekuat apa hambaNya dalam menunggu janji yang telah diyakininya. Kita mendengar dari riwayat  para nabi yang begitu kukuh meyakini janji Allah. Ingatlah berapa puluh tahun Nabi Zakariya as, terus menerus memohon dikaruniai seorang anak. Ingat pula Nabi Yakub as, yang selama puluhan tahun berdoa untuk memohon kembalinya dua anaknya yang hilang, Yusuf dan Bunyamin. Begitupun Nabi Musa bertahun tahun memohon kehancuran  fir’aun yang zalim. Doanya diaminkan pula oleh Nabi Harun. Ada riwayat yang menceritakan bahwa doa Nabi Musa baru terkabul setelah berdoa selama 40 tahun! Kalau sekelas Nabi saja doanya begitu lama, para Nabi bersabar menunggu doa, apalagi kita yang ketakwaanya masih seuprit, mengapa harus protes kalau doa belum dikabulkan.

  • Mungkin menunggu proses pengabulan doa diwaktu yang tepat

Apakah kita yang berdoa sudah pantas menerimanya? Sebagai ilustrasi, seorang anak TK meminta motor pada orang tuanya. Karena pertimbangan belum cukup umur orang tuanya menunda pengabulan permintaan anaknya sampai anak itu cukup dewasa untuk membawa motor. Bila dikabulkan permintaan anak TK itu, mungkin akan membawa mudharat kepada anak tersebut. Bisa celaka bila membawa motor. Begitupun Allah lebih mengetahui kapan kita mendapatkan harapan dari doa yang kita panjatkan. Berbaik sangka saja pada Allah. Allah Maha Mengetahui yang  terbaik buat hambaNya.

  • Mungkin Allah masih ingin mendengar lantunan doa hamba yang dicintainya

Allah menyukai orang orang yang beribadah (mengabdi) padaNya. Doa adalah salah satu bentuk ibadah. Mungkin Allah masih rindu mendengarkan lantunan doa yang dipanjatkan dengan khusyu oleh hamba hambaNya.

Bagaimana bila anda memiliki anak yang lucu, imut dan menggemaskan. Bila anak tersebut merengek minta sesuatu dengan manja pada anda, pasti anda ingin berlama lama mendengarkan rengekan manja anak anda. Anda tidak langsung mengabulkannya, namun menggoda anak anda agar berlama lama mendengarkan rengekannya.

Nabi Muhammad SAW bersabda :

“Tidak ada sesuatupun di sisi Allah SWT yang lebih mulia daripada doa” (HR. Ahmad).

Kemungkinan hikmah  lainnya bisa anda tuliskan, semua hanya kemungkinan belaka. Yang mengetahui hikmah sesungguhnya tentu hanyalah Allah saja. Kita hanya meraba raba berdasarkan keyakinan bahwa semua kejadian itu ada hikmahnya. Walaupun kenyataanya pahit.  Kita harus tetap berprasangka baik pada Allah bahwa kenyataan pahit yang kita alami  pasti mempunyai hikmah yang baik. Tergantung seorang hamba menyikapinya. Bukankah Allah tergantung prasangka hambaNya?

Cukup sekian postingan kali ini, semoga yang singkat ini bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Baca juga :  hikmah-adanya-masalah-kehidupan

Dipublikasi di Cara Allah | Tag , , , | Meninggalkan komentar

Cara Mudah Menggembungkan Bonggol Adenium (Kamboja Jepang)

Sobat, ketika anda beadenium.pergian anda pasti  pernah melihat tanaman di pot dengan bonggol akar yang menggembung dengan bunga yang bermekaran . Indah ya? Mungkin itu  tanaman bunga Adenium. Banyak juga yang menamakan Kamboja Jepang.

Adenium ini nama latinnya Adenium obesum. Tanaman ini aslinya berasal dari daerah Afrika dan Asia Barat. Jadi merupakan tanaman gurun. Kita di Indonesia sering tertipu dengan penamaan Kamboja jepang, seolah dari jepang.

Penamaan ini mungkin karena terbiasa melihat adenium tampil dalam bentuk bonsai, seperti tanaman bonsai di jepang gitu, jadi terus menamakan Kamboja Jepang. Padahal menurut Wikipedia, di Afrika sendiri tanaman ini lebih umum dinamakan Mawar Padang Pasir (Desert Rose).

Semua pencinta adenium ingin agar adeniumnya memiliki tampilan yang unik dengan bonggol akar yang menggembung indah, namun tidak semua orang bisa mewujudkan keinginannya membentuk bonggol akar yang menggembung indah. Dibonggol itulah keindahannya, bahkan ada yang mengatakan kaindahan bonggol itu melebihi keindahan bentuk dan warna bunga adenium itu sendiri.

Karena keindahan dan keunikan bonggol itulah maka pecinta adenium akan berusaha semaksimal mungkin membentuk bonggol adeniumnya agar tampil menarik, indah dan unik, dan berbeda dari adenium milik siapapun. Apabila adenium dibiarkan saja tumbuh secara alami maka adenium itu akan tumbuh memanjang seperti tumbuhan lain apa adanya. Campur tangan pemilik bunga adenium adalah mutlak dilakukan untuk memperoleh bentuk bonggol yang artistik.

Sebelum penulis melanjutkan tulisan ini, perlu diketahui bahwa tanaman adenium yang bisa dibentuk bonggol menggembung  adalah adenium yang berasal dari biji, bukan dari stek atau  cangkok. Kalau sudah paham hal ini, barulah kita membahas cara menggembungkan bonggol adeniumnya.

Bagaimana caranya?

Tiap pecinta adenium pasti punya trik trik sendiri agar adeniumnya unik, dan berbeda dari adenium milik siapapun. Tiap pemilik adeniumnya akan merahasiakan trik pribadinya. Saya hanya akan membahas basic dari cara pembesaran bonggol. Langsung saja ke te-ka-pe!! Yo mari…:

  • Pilihlah bahan adenium yang baik

Adenium yang baik dicirikan dengan kondisi tanaman yang sehat, bebas dari hama dan penyakit, batang berwarna hijau segar, daun yang segar dan hijau mengkilat. Namanya juga ‘bahan’ , maka diusahakan masih relatif muda jadi masih mudah dibentuk. Tanaman ‘bahan’ masih dibawah 1 tahun. Tanaman adenium yang relatif sudah tua akan menyulitkan dibentuk karena pertumbuhannya sudah mulai berkurang.

  • Angkat dari media tanam dan bersihkan.

Angkatlah adenium dari polibag atau pot kecil dengan cara menyiramkan air melalui pipa slang agar tanah menjadi lunak dan gembur sehingga akan memudahkan ketika proses  pengangkatan tanaman dari media tanam dalam pot atau polybag. Lakukan dengan hati hati agar batang dan akar tidak terluka dan patah.

  • Keringkan tanaman yang sudah bersih

Angin anginkan tanaman agar kering dan memudahkan proses pemotongan bonggol tanaman.

  • Potong bonggol di bagian yang tepat

Potong di bagian bonggol yang berdiameter terbesar. Lakukan hati hati dengan menggunakan pisau (cutter) yang bersih dan steril. Lalu rendam luka bekas potongan dalam larutan fungisida selama 10 menit agar bekas potongan tidak jamuran yang bisa menyebabkan pembusukan. Keringkan bekas rendaman fungisida pada bonggol dengan mengangin anginkan selama 30 menit.

  • Olesi dengan perangsang akar

Sebelum ditanam kembali olesi bekas potongan dengan zat perangsang akar yaitu Rotton F atau Atonik yang berguna untuk merangsang pertumbuhan akar agar bonggol segera mendapatkan nutrisi kembali dari akar baru sehingga bonggol makin cepat menggembung  dan indah.

  • Tanam kembali

Tanam kembali adenium yang telah dipotong dan diolesi dengan perangsang akar Rotton F. Gunakan media tanam yang mendukung pertumbuhan akar baru dari bekas pemotongan bonggol. Media tanam dapat berupa campuran sekam bakar, kompos dan pasir dengan perbandingan 3:1:1. Perbandingan ini tidaklah mutlak . Bila dirasa belum cukup porous anda bisa menaikan perbandingan menjadi 4:1:1.

Diawal pemindahan tanaman anda harus meletakan ditempat yang  teduh. Namun bila tanaman telah tumbuh normal dengan keluarnya akar baru anda harus meletakan pot tanaman di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Kita tahu tanaman ini habitat aslinya di daerah gurun yang kering dan kena sinar matahari penuh.

Oke, itu saja postingan kali ini, semoga yang singkat ini bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan anda.

Sumber ilustrasi: Pinterest.com

Baca juga: cara agar bunga mawar cepat berbunga

 

 

Dipublikasi di tanaman | Tag , , , , , , , , , | Meninggalkan komentar

Lagi Sedih? Inilah Cara Saya Mengatasinya.

Halo sobat sedih hatinampaknya anda sedang bersedih ya? Kalau tebakan saya benar mudah mudahan anda  bisa menghadapi dan mensyukuri masalah yang anda alami. Kesedihan hati juga merupakan nikmat dari Tuhan yang mesti kita syukuri.

Sedih ko’ disyukuri?

Dengan adanya kesedihan anda bisa merasakan arti dari  eksistensi sesuatu yang anda miliki selama ini. Kalau anda merasa sedih karena kehilangan ‘sesuatu’ maka anda akan merasa betapa berartinya sesuatu yang kini hilang itu. Dari sinilah kita akan bisa mulai mensyukuri apapun yang masih kita miliki.

Mengapa  bersedih?

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang bersedih, mungkin kehilangan harta, anggota keluarga, kekurangan harta, tidak bisa mewujudkan yang diinginkannya, cinta ditolak, dihina orang lain, dan lain sebagainya. Beda orang beda derita.

Okelah, trus bagaimana cara menghilangkan kesedihan hati ini?

Saya bukanlah ahli dibidang ini, saya justru orang yang sering mengalami kesedihan. Karena sering bersedih inilah maka saya memiliki beberapa buku tentang kesedihan dan mempraktekkan anjuran dari buku itu, saya juga googling mencari solusi untuk mengatasi  kesedihan yang saya alami.

Kalau semua teori itu dipraktekan tentu sangat ribet, karena tiap tiap orang memiliki karakter yang tidak sama, jadi terapi yang cocok untuk si ‘anu’ belum tentu cocok untuk si ‘ini’.

Saya hanya akan menceriterakan cara cara yang  saya lakukan untuk mengatasi kesedihan yang saya alami, dan biasanya sih ‘ it work’.  Inilah yang biasa saya lakukan :

  • Menyadari bahwa bahagia dan kesedihan datang dan pergi silih berganti.

Kalau sekarang sedih maka pasti  akan ada kebahagiaan di hari esok. Kalau hari ini hujan dan badai  berarti besok akan ada pelangi dan cuaca yang cerah. Setiap kesulitan selalu di sertai dengan dua kemudahan.

“Dan masa (kejayaan dan kehancuran) itu, Kami pergilirkan diantara manusia (agar mereka mendapat pelajaran)” (Qs.Ali ‘Imran:140 )

Juga,

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.”(Qs. Alam Nasyroh:5-6)

Saya selalu mengingat ayat ayat ini sehingga meskipun disaat merasa sedih hati masih memiliki harapan akan janji kemudahan yang dijanjikan Allah. Dan  saya  meyakini kesedihan juga dialami oleh setiap orang, kalau orang lain mampu bertahan, sayapun pasti bisa!

  • Melakukan kegiatan yang positif, terutama yang membutuhkan gerak fisik

Kesedihan akan bertambah bila kita hanya duduk merenungi nasib yang sedang dialami. Kalau kita melakukan kegiatan fisik maka konsentrasi akan berpindah pada kegiatan yang kita jalankan sehingga kesedihan bisa terlupakan. Bisa olah raga, jalan jalan. Biasanya saya bawa senapan angin melintasi bukit bukit mencari tupai dan hama lainnya, meskipun saya tidak lihai menembak. Yang penting menguras tenaga. Setelah kecapaian pulang lalu tertidur pulas.

  • Menemui sahabat atau kerabat

Bila telah bertemu dengan sahabat atau keluarga biasanya ngobrol. Saya biasa mendengarkan   curhatan orang, kadang saya jadi sadar bahwa yang punya masalah bukan saya saja, orang lain juga punya, bahkan masalah mereka lebih berat, lalu ngapain harus bersedih berlebihan?

  • Sholat Malam (Tahajjud)

Kelemahan saya adalah pemalu. Kalau bertemu sahabat saya tidak bisa curhat kesedihan yang saya alami. Malu dan takut diceritakan pada teman lainnya, maka  saya curhatnya pada Allah saja. Saya tidak takut diketahui orang lainnya. Keistimewaan tahajjud ini, biasanya  dada jadi plong dan mendapat pencerahan jalan keluar. Anda bisa baca cara saya supaya dapat bangun malam tahajjud.

  • Mendengarkan lagu indah yang memotivasi

Dengarkan lagu yang memberi semangat untuk tetap tegar menghadapi masalah yang menyedihkan. Saya menyukai lagu  jawa ‘Kutut Manggung’,  ‘Jangan Menyerah’nya  D’Masive, ‘Jangan Bersedih’nya Tiffani Kenanga, ‘Let it be’nya The Beatles, ‘Trouble is a friend’ nya Lenka, ‘My Way’nya Frank Sinatra, ‘Insha Allah’nya Maher Zain. Pokoknya yang  penting hati adem ngga  lemah dan nglokro. Bagi yang Muslim dengerin alunan suara orang mengaji, seperti  suara Sa’ad al Gamidi atau Abdurahman As Sudais dan lainnya.

  • Melihat sosok manusia dari kejauhan

Mungkin ini rada aneh. Tapi sungguh, saya biasa naik ke ketinggian bukit lalu melihat sosok manusia dari kejauhan dan ketinggian bukit (gunung) . Manusia terlihat kecil sekali. Apapun masalah yang dihadapi oleh setiap manusia sangatlah kecil dibandingkan dengan alam sekitarnya, apalagi dibandingkan dengan Alam semesta. Laksana debu. Lalu mengapa kadang kita merasa masalah yang kita hadapi seperti menggendong bumi, beraaat banget. Padahal kalau dilihat dari kejauhan mustahil menggendong bumi . Kitalah yang suka membesar besarkannya. Atau jiwa kita yang terlalu kerdil, sehingga masalah kecil saja sudah terlihat besaar dan beraaat!

Sobat  semua kesedihan hanya karena kita terlalu terfokus pada diri sendiri. Kalau mau melihat keluar diri sendiri, maka kesedihan akan terasa biasa  biasa saja. Semua orang punya  kesedihan, punya derita, tinggal bagaimana menyikapinya. Beda orang beda cara.

Mudah mudahan kita semua bisa menyikapi kesedihan dengan arif sehingga bisa memetik hikmah dari masalah yang kita rasakan.

Sekian dulu postingan kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih sobat atas kunjungannya.

Dipublikasi di cara mengatasi | Tag , , , , , , , , , , , | Meninggalkan komentar